Berburu Es Oyen

Fuih….pak kapten mulai lagi nih..!! jalan-jalan maunya ngajak ane (dipikir ane pacarnya kali ye..). Mentang-mentang kulitnya udah item, ngajaknya siang-siang pas kang mentari tepat diatas ubun-ubun. “Kemana sir?” tanyaku…..”udah ikut aja , yang penting heppy!! Menikmati hidup” katanya. (menikmati hidup darimana…panas-panas gini jalan-jalan,mending di pos jaga menikmati nikmatnya angin semilir sambil leyeh-leyeh). Ngikut aja wis, daripada disuruh push up dan sit up.


“Sebenarnya…saya ini lagi pingin sekali ngrasain es oyen” bilangnya. Soalnya udah lama semenjak habis training di Bandung dulu udah gak pernah ngrasain nikmatnya es oyen lagi.”Ada gak ya di Surabaya yang rasanya senikmat di Bandung?”. Wah….ane sendiri baru dengar tuh nama es. Ngrasain aja juga belum (maklum anak pingitan, mainnya cuma di pos jaga….wkwkwk). Kata pak kapten sih…rasanya mak nyuss banget, sambil niruin gayanya pak bondan…

Saat melintas di daerah Barata Jaya tepatnya di dekat lokasi Hotel Narita, kami sempat melihat sebuah warung kecil dengan tulisan di depannya “ES OYEN PAT MO ROSO”. Tanpa pikir panjang kamipun menghentikan laju kendaraan kami dan berhenti di depan warung tersebut. Coba dulu aja….pak Kapten pun langsung turun dan memesan, “2 porsi mbak…!” wah…kebetulan juga nih yang jualan lumayan cakep juga, es oyennya cakep juga gak ya,kayak yang jual??^_^

Ooooo….begini tho rupanya es oyen itu. Setelah ane lihat dari penampilan sih gak beda jauh ama itu yang namanya es teler, tapi dari segi rasa es oyen emang mempunyai ciri khas tersendiri, dan setelah ane cobain ternyata rasanya uenakk tenaan mak nyuus. Apalagi minumnya siang-siang gini, tambah suegele lek!!. Boleh juga sih dijadikan referensi bagi teman-teman penggemar es oyen. Kata pak kapten es oyen ini asalnya dari Bandung, entah gimana sejarahnya yach kok bisa nyampe Surabaya? Dibawa oleh pedagang Gujarat mungkin…he…he…he.

Bahan dasar es oyen sendiri cukuplah sederhana antara lain: kelapa muda yang sudah dikerok, alpukat, buah nangka yang dipotong kecil-kecil, mutiara (bentuknya bulat-bulat kecil berwarna merah), susu kental manis putih dan coklat, serta serutan es batu. Rasa khas yang diperoleh mungkin berasal dari cairan gula sejenis sirup vanila hasil buatan sendiri yang ditambahkan dalam es oyen tersebut. Wis…pokoke wenak lah! Apasih kuliner nusantara yang gak enak? Moga jaya terus kuliner nusantara, dan moga juga gak diklaim lagi jadi milik Negara tetangga kita “males iah”.

Bagi teman-teman para penggemar es oyen, boleh kasih info lokasi es oyen yang mak nyuss khususnya di Surabaya, seluruh nusantara juga gak apa-apa. Udah pak kapten….pulang nyok,udah habis 5 mangkok masa’ masih kurang!!??


2 comments:

dimana mas es oyen yang maknyuss ituu ?
alamat lengkapnyaa...

6:15 PM  

kalo anda berdomisili di surabaya,cari di barata jaya 19.maaf no.nya gak ada (yg jual gak pasang plakat alamat lengkap...hehehe).pertigaan mau ke hotel narita,jualannya dekat gapura.cari aja deh "es oyen pat mo roso"....selamat mencari!!!

3:58 AM  

Newer Post Older Post Home