Membuat E-mail gratis


Posting kali ini khusus kopral peruntukkan bagi para - para pemula yang baru saja mengenal dunia maya. Sekalian ngajarin salah seorang teman yang pernah bertanya "tolong ajarin bikin e-mail dong!!". Padahal seorang tetangga kopral yang baru saja menginjak umur 9 tahun udah mahir bikin e-mail, kopral aja sampe diajarin ama dia (hehehehe....jadi malu).
E-mail atau Electronic mail dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik, yaitu dalam artian bebasnya adalah sistem surat menyurat melalui media internet, bukan lagi melalui media pak pos (enak ya pak pos udah bisa nyantai sampil ngopi dirumah!!). E-mail adalah hal pertama yang harus kita miliki saat kita menjelajah di dunia maya, karena memang kegunaan E-mail itu sendiri yang beragam. Selengkapnya baca disini.
Udah cukup ah basan-basinnya, langsung aja menuju cara membuat E-mail. Sebagai contoh kita akan membuat E-mail di akunnya mbah Google (GMail) sama kang Yahoo (Yahoo Mail), karena dua provider inilah yang sering digunakan oleh para pengguna internet dan gratis pula tanpa dipungut biaya dokter. Daftar akun mbah Google silahkan klik disini, kang Yahoo silahkan klik disini.

DAFTAR AKUN YAHOO:
1. Langsung aja klik tulisan sign up yang berada di kanan bawah, Setelah itu anda akan dibawa ke window pengisian form data diri anda. Isi aja sesuka hati anda. nama, gender, tanggal lahir, lokasi, kode pos, Yahoo ID, password. Jangan lupa untuk selalu mengingat atau mencatat semua yang telah anda tulis, dibutuhkan jika sewaktu-waktu anda lupa. Alternate e-mail isi aja dengan e-mail teman anda,cuma buat konfirmasi aja. Setelah itu centang persetujuan layanan dan persyaratan, lanjut klik tombol create my account yang berada di bagian paling bawah.
2. Selesai deh...mudah kan? sekarang anda sudah bisa menikmati layanan e-mail dari kang yahoo


DAFTAR AKUN GOOGLE:
1. Pada intinya membuat akun di google sama dengan cara membuat akun di Yahoo. Klik tombol create an account yang berada di sisi kanan bawah, lalu anda akan dibawa ke window pengisian form. Isi data anda dan sekali lagi jangan lupa tuk mencatat data yang anda isikan. Secondary mail isi saja dengan e-mail teman (jika belum punya e-mail), atau dari e-mail yahoo anda juga tidak apa-apa. Setelah semua terisi, klik tombol I Accept Create My Account yang terletak di bagian paling bawah.
2. Setelah muncul window baru, klik tombol Show Me My Account. Selesai deh...Akun e-mail google anda sudah bisa anda gunakan.


Dari kedua provider ini (Google dan Yahoo) memang memiliki keunggulan tersendiri. GMail memiliki keunggulan pada loading halamannya yang relatif cepat karena tampilannya yang sederhana. Cocok untuk pengguna yang memiliki konektifitas internet yang agak lambat, tapi desain interface yang agak ribet karena harus berganti-ganti window setiap melihat isi inbox. Sedangkan Yahoo Mail memiliki desain interface yang bagus. Anda tak perlu berpindah window untuk melihat isi inbox. Tampilannya yang ngejreng membuat anda akan sedikit bersabar untuk me loading halamannya.
Terserah anda mau memilih yang mana GMail atau Yahoo Mail, atau bahkan keduanya....

1 comments:

Penjelasannya bisa lebih detail kalo dengan gambar screen shoot. tapi blognya emang berkembang jadi lebih bagus. :D

6:11 PM  

Newer Post Older Post Home