Waah....lama juga nih gak mengunjungi istri muda....kakakakak. kata jenderal kancil "blog itu kayak istri muda harus diperlakukan secara halus, sabar, dan penuh kasih sayang" (Jenderal yang sok tau, padahal nikah aja belum...hehehe). Coba aja perlakukan dengan kasar dan gak sabaran, dijamin dech....pasti ancuurr!! Sebagai bloger yang masih baru dan masih ingusan kaya' kopral paijo, sifat gak sabaran pasti ada. Blog ancur...itu mah biasa, tapi tenang dan sabar akan bisa menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi pada blog kita. Sering-seringlah bertanya pada blogger lain yang lebih berpengalaman, kunjungilah situs-situs mereka, karena pada awalnya mereka juga pasti mengalami permasalahan yang sama seperti apa yang kita alami.
Udah ah ngocehnya kembali ke lap...toop!! beberapa hari terakhir ini kopral mengalami dengan apa yang dinamakan "kesemrawutan blog" yang berarti hampir saja blog ini mengalami "GATOT" alias gagal total. mulai dari template yang amburadul sampai hasil postingan yang gak bisa dikasih comment. Dari kejadian tersebut sayapun dapat menyimpulkan beberapa hal yang harus kita perhatikan saat kita membuat blog baru yakni:

1. Pemilihan Template 
Adalah hal dasar yang harus kita lakukan saat membuat blog baru. Pilihlah template yang sesuai dengan isi blog anda. Jangan sampai kita merubah template setelah blog terisi gadget, alhasil semua gadget tersebut akan musnah dari muka bumi. Blogger sendiri sudah menyediakan beberapa template yang bisa anda pilih, dan tentunya template dari blogger ini pasti working 99%, yang 1% anda kurang beruntung....hehehe. Tetapi jika anda menginginkan template yang lain, anda juga bisa download template gratis di beberapa situs penyedia template yang ada, diantaranya bisa anda klik di sini. 
Saran kopral, pilihlah template yang support ama blogger, dan kalo bisa buatlah blog tester untuk mencoba apakah template yang kita terapkan berhasil atau tidak. Cek dahulu apakah semua fasilitas yang disediakan template berfungsi dengan baik.


2. Kotak komentar pada posting
Hal yang remeh, tapi sangat menunjang perkembangan blog anda. Bayangkan bila pengunjung blog anda tidak dapat berkomentar tentang posting yang anda tulis. Hal ini terjadi pada blog kopral paijo kemarin., semua hasil posting tidak dapat dikomentari. Setelah melalui beberapa proses pemeriksaan dan pengusutan oleh Tim UNDUR-UNDUR UNDERCOVER, ternyata sang pembuat template yang saya gunakan telah mendisable blog post editing, sehingga tidak memungkinkan pengguna mengotak-atik setting yang ada. Hal  ini mengakibatkan kotak komentar tidak dapat diletakkan dibawah posting dan pengunjung situs tidak dapat memberikan komentarnya. Menyerah....??oh tentu tidak, Anda tinggal merubahnya ke menu pop-up window, tidak lagi dibawah posting, caranya: masuk ke menu Settings lalu comments setelah  itu pada pertanyaan comment form placement klik yang pop-up window. Samakah? dari segi tampilan memang beda, tapi dari fungsi tetaplah sama, pengunjung blog kita tetap bisa berkomentar...horeee!!! Ada cara lain juga sebenarnya untuk meletakkan kotak komentar dibawah posting kita, selengkapnya lihat disini atau disini.


3. Back-up data
Biasakanlah selalu memback-up data anda ketika akan mengotak-atik kode html,khususnya kode html pada template dengan cara download full template. Hal ini ditujukan jika anda mengganti template dan tidak sesuai, anda bisa mengembalikannya ke keadaan semula. Berbeda spasi atau enter akan berpengaruh pada template kita, bisa-bisa tampilan blog kita akan amburadul...(makanya hati-hati kalo menyeberang!!!). Ribet juga yach...tapi sangat berguna bagi para bloger yang gak mengenal kode html kayak kopral (kenalan donk..!!). 


Hal terakhir yang jangan anda lupakan, sholatlah tepat waktu. Jangan hanya karena ngerjain blog anda terus melupakanNya...Sekian posting kali ini, moga berguna bagi nusa bangsa, agama, dan anak cucu kita...hehehehe

2 comments:

buat optimize mozilla biar lebih cepet baca di 13 cara optimize mozilla, cobaen nyo!!!!

2:45 PM  

lumayan bos....rodo' cepet setitik

7:11 PM  

Newer Post Older Post Home