Sudahkah Kita Berkurban??


Pertamanya nih posting di blognya kopral paijo...!!agak nervous juga, masalahnya dah lama gak ada aktifitas tulis menulis dan karang mengarang sejak lulus dari SD...hehehe.
Bertepatan dengan hari raya IDUL ADHA 1430H, posting kali ini juga nggak jauh-jauh dari kambing dan sapi, karena kali ini merekalah tersangka utama yang akan dikurbankan (kasihan mereka ya...selalu jadi tersangka setiap tahun). Tapi sebelumnya saya ucapin dulu yach...."SELAMAT di HARI RAYA IDUL ADHA 1430H" bagi kita semua umat Islam yang merayakannya. Hari raya Idul Adha sendiri sebenarnya adalah momen dimana kita mengenang pengorbanan Nabi Ismail AS yang rela untuk dikurbankan oleh Nabi Ibrahim AS, dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS dalam mengurbankan anak kesayangannya yang kesemuanya atas perintah Sang Khalik ALLAH SWT.

Sudahkah kita berkurban??
Sebenarnya untuk siapa sih kita berkurban? diri sendiri, orang lain, pamer harta, atau ALLAH SWT? Ikhlaskah kita dengan apa yang kita kurbankan, seperti keikhlasan Nabi Ibrahim yang merelakan anak kesayangannya untuk dikorbankan?
Jawabannya bisa anda temukan di dalam diri anda masing-masing, karena memang menilai ikhlas tidaklah semudah menilai hasil ujian. Anda sendiri dan ALLAH SWT lah yang dapat menilainya. Berkurbanlah...karena berkurban merupakan wujud rasa syukur kita kepada ALLAH SWT, dan berkurban termasuk perbuatan yang paling dicintai ALLAH SWT

Apa yang dapat kita kurbankan? menurut MUI kita dapat mengorbankan hewan ternak, seperti unta, sapi ,dan kambing. Berhubung sang unta di Indonesia cuma adanya di kebun binatang, maka sang sapi ama sang kambing ajalah yang kita kurbankan, daripada nanti rebutan unta sama pengurus kebun binatang...hehehe.
Syarat hewan kurban: menurut MUI lagi nih...syarat hewan kurban haruslah sehat, bebas dari segala penyakit, tidak cacat, tidak pincang, tidak buta sebelah, tidak terjangkit penyakit kulit, serta tidak terlalu kurus. Usia kambing sudah mencapai satu tahun dan sapi dua tahun. Para pekurban juga haruslah muslim, mampu, dan masuk waktu untuk berkurban.

Hmmm....marilah di peringatan Hari Raya Idul Adha kali ini, kita tingkatkan semangat tuk berkurban, dan kita tingkatkan pula keikhlasan kita untuk berjuang di jalan ALLAH SWT...

1 comments:

tahun ini qurban perasaan aja....

12:19 AM  

Newer Post Older Post Home